Bupati Ciamis Dukung Penuh EXPO Pendidikan di Kabupaten Ciamis Untuk Generasi yang Gemilang

Ciamis, PW : Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Gelar Acara EXPO/Pameran dalam Rangka memeriahkan Hari Jadi Ciamis Ke 380. Acara tersebut dibuka dengan resmi oleh Dr. H Herdiat Sunarya, MM didampingi Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dan Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H Tatang, M.Pd, Acara tersebut bertempat di Aula dan Halaman Dinas Pendidikan Ciamis, pada Rabu (15/06/2022).

Dalam sambutannya Herdiat menyampaikan, terimakasih kepada Dinas pendidikan yang telah menggelar acara Expo ini dan berharap dapat membentuk kurikulum dan ekstra kulikuler Sejarah leluhur Ciamis.

“Disdik Ciamis harus membentuk kurikulum dan ekstra kurikuler yang memperkenalkan sejarah leluhur kita seperti kesenian daerah yang harus kita pelihara, kembangkan dan lestarikan, Sehingga semua itu terus berlanjut hingga generasi yang akan datang” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herdiat juga mengapresiasi tenaga pendidik yang sudah melatih para siswa yang menampilkan kesenian daerah dalam acara Ekspo pendidikan Ciamis dan Pemerintah Daerah (Pemda) mendukung penuh kegiatan Ekspo Pendidikan yang dilakukan oleh Disdik Ciamis kepada para tenaga pengajar.

“Pemda siap mendorong biaya pendidikan ekspo bapak ibu semua biaya nya sudah disiapkan apabila bapak ibu yang mau melanjutkan pendidikan dari S1 ke S2. Walupun tidak membantu secara keseluruhan tapi kita akan mensuport,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Endang mengatakan bahwa akan membentuk tim khusus untuk memperkenalkan budaya leluhur dan kesenian daerah Ciamis dikalangan pelajar dan dia juga menjelaskan bahwa, saat ini, semua sekolah di Ciamis sudah memiliki beragam alat kesenian tradisional seperti dengung dan gamelan.

“Instruksi Bupati harus memelihara kebudayaan daerah itu sudah masuk kedalam program ekskul kalau untuk kurikulum kita akan membentuk tim untuk melestarikan kesenian daerah Ciamis, kalaupun ada sekolahan yang belum mendapatkan alat tradisional akan kami lakukan pendataan ulang, jadi jangan sampai kesenian tradisional kalah dengan musik modern,” Tutupnya.#Ikbal

Related posts